Header Ads

Bireli Lagrene gitaris Django Asal Perancis

Biréli Lagrène (lahir 4 September 1966) adalah seorang gitaris jazz Prancis. Dia menjadi terkenal di tahun 1980an karena gaya yang dimainkan oleh Django Reinhardt. Ia sering tampil dalam swing, jazz fusion dan post-bop style.



Lagrène lahir di Alsace, Prancis, menjadi keluarga dan keluarga Romani. Ayah dan kakeknya adalah gitaris, dan dia dibesarkan dalam tradisi gitar gipsi. Dia mulai bermain pada usia empat atau lima tahun, dan pada usia tujuh tahun
berimprovisasi jazz dengan gaya yang mirip dengan nama Django Reinhardt, yang dikagumi ayahnya dan ingin anak-anaknya meniru. Pada tahun 1980, saat masih remaja awal, ia merekam album pertamanya, Routes to Django: Tinggal di Krokodil (Jazz Point, 1981).
Selama beberapa tahun berikutnya, Lagrène melakukan tur dengan Al Di Meola, Paco de Lucía, dan John McLaughlin, semuanya gitaris, dan bermain dengan Benny Carter, Benny Goodman, dan Stéphane Grappellii. Dia bergabung dengan Larry Coryell dan Vic Juris di New York City untuk mendapatkan penghormatan kepada Reinhardt pada tahun 1984, dan melanjutkan tur dengan Coryell dan Philip Catherine. Dia juga tampil bersama Jaco Pastorius, Stanley Clarke, Gil Evans Orchestra, Christian Escoudé, dan Charlie Haden. Pada tahun 1989 ia tampil di duo dengan Stanley Jordan.

Lagrène mencatat Proyek Gipsy (Dreyfus, 2001) dan Proyek Gipsy dan Teman (Dreyfus, 2002). Dengan kohortnya yang biasa, Diego Imbert (double bass) dan Hono Winterstein (gitar ritme), sesi terakhir menampilkan Henri Salvador dan Thomas Dutronc (anak Françoise Hardy dan Jacques Dutronc).

Diberdayakan oleh Blogger.